Pages

Minggu, 03 Juni 2012

Yang lucu hari ini

Lebih Baik Melakukan tapi Salah daripada Tidak Melakukan tapi Salah

Hari ini saya menghadiri pertemuan mengenai analisis data dan buku Profil Kesehatan se Puskesmas di Dinkes Kab. Bintan. Pertemuan ini berisi tentang tanggapan penyusun profil kesehatna puskesmas dan masukan serta diskusi dari peserta. Begitu banyak kejadian yang diceritakan, salah satu yang berkesan adalah cerita dari satu puskesmas.

Pengumpulan data yang dilaksanakan di puskesmas tersebut bersumber dari data pelayanan dalam dan luar gedung serta data umum dan demografi dari kecamatan dan UPT dinas pendidikan. Data yang dikumpulkan dari puskesmas mereka yakini kebenarannya karena mereka sendiri yang melakukan pencatatan. sedangkan data dari luar pada satu intansi, mereka pun sudah mengetahui ketidak-benarannya. Nah, masalah yang muncul adalah, data tersebut penting untuk di publikasi sedangkan kita sudah tahu bahwa itu salah.

Dalam kondisi ini dan beberapa kondisi yang lain, jika mereka menyusun analisis dari data tersebut, maka hasil analisis sudah pasti salah. Namun jika mereka tidak menganalis pasti salah juga.

Oke, kami tidak akan membahas bagaimana semestinya menghadapi masalah itu disini. Kami cuman tiba2 saja mengingat sebuah cerita lucu tentang pak tani. Ceritanya seperti ini.

pada suatu hari di sebuah tempat dalam wilayah kepulauan terdapat seorang petani yang bernama pak Nazar. Beliau adalah petani pekerja keras di desanya sehingga pada sebuah acara yang digelar pemerintah, beliau mendapatkan hadiah seekor keledai. Pak Nazar kemudian mengajak putra si Uding, putra bungsunya untuk menjemput hadiah tersebut. Setelah mengikuti protokol acara pembukaan, sambutan, penyerahan, doa dan salaman, selanjutnya pak Nazar dan si Uding membawa pulang keledai tersebut.

haa dari sini cerita ini bermula

Tidak ada komentar:

Posting Komentar